dimanche, mars 23, 2008

Belajar bahasa perancis di Bordeaux

Sebelum mengikuti perkuliahan di Bordeaux, tentu saja diharapkan memiliki level bahasa perancis yang cukup. Bagi anda yang ingin memantapkan bahasa perancis anda setelah kedatangan, ada berbagai institusi yang bisa membantu mencapai hal tersebut.

Salah satunya adalah D.E.F.L.E (Département d'Etudes de Français Langue Etrangère), yang merupakan institusi belajar bahasa perancis yang merupakan bagian dari Universitas Bordeaux 3. D.E.F.L.E menawarkan sistem pengajaran bahasa perancis khusus bagi orang asing dengan kualitas universitas yang kaya akan kultur.


Pengajaran berlangsung selama l'annee scolaire (mid-oktober - mid-juni) dan selama musim panas (juli - september). Pengajaran bahasa perancis di D.E.F.L.E terbagi dalam beberapa bagian yang disesuaikan dengan level bahasa yang sudah anda miliki. Diantaranya;

  1. Stage intensif (biasanya berlangsung selama musim panas)
  2. Preparasi untuk diploma universitas dalam bahasa perancis khusus untuk orang asing
  3. dan juga preparasi diploma DELF dan DALF yang diorganisir 2 kali per tahun.

Untuk mengetahui diploma mana yang cocok untuk anda dan juga kemampuan bahasa perancis anda, D.E.F.L.E akan mengadakan test kecil sebelum pengajaran dimulai.

Formasi D.E.F.L.E

  • Stages Apprentisage de Francais – Kursus bahasa perancis

Para pelajar mengikuti kursus selama 15 jam per minggu dalam selang waktu 13 minggu. Level dan kemampuan akan diuji sebelum penentuan grup. Kursus ini dikhususkan untuk para pemula dan pengajaran akan diadakan di kelas dan lab bahasa (max - 20 orang).

  • Perfectionement en linguistique et culture francais – Penyempurnaan bahasa dan kultur perancis

Terdiri atas 3 "degrés" dalam modul per semester atau tahunan untuk degre ke3. Tiap degre terdiri atas minimum 15 jam per minggu dan terdapat modul-modul pilihan. Pengajaran ini dikhususkan untuk pelajar asing yang sudah memiliki latar belakang bahasa perancis.

Certificat Pratique de Langue Française (1er Degré)

Diplôme d'Etudes Françaises (2ème Degré)

Diplôme Supérieur d'Etudes Françaises (3e Degré)

Modul-modul wajib diantaranya; penulisan gramar dan ortograf (langue écrite grammaire, orthographe) dan oral untuk mengembangkan pemahaman oral, bacaan serta proksi oral dan penulisan. Modul kultur dan civilisasi perancis juga diwajibkan.

Pada akhir dari setiap tingkatan bahasa, kita akan mendapatkan diploma universitas yang dikeluarkan oleh Universitas Bordeaux 3.

  • Cours du soir - Kursus malam hari

Selain pada waktu siang hari, D.E.F.L.E juga menawarkan kursus pada malam hari di tiap semester selama 5jam per minggu dalam 10 minggu.

--------------------------------------------------------------------------------------

Jika ingin mengikuti program D.E.F.L.E tersebut anda dapat mulai mendaftarkan diri pada awal bulan April (tempat cepat habis) dengan menghubungi pihak D.E.F.L.E di situs http://www.defle.montaigne.u-bordeaux.fr/inscri.htm

Aucun commentaire: